TORSI
secara matematis dalam ilmu listrik, torsi yg dikeluarkan oleh sebuah motor, akan sebanding lurus dengan jumlah lilitan, kuat medan magnet (fluks), dan arus yg mengalir pada jangkar.....jadi logikanya, kalo jumlah lilitan ditambah, magnet diperkuat, dan arus diperbesar, torsi bisa meningkat....realisasinya seperti apa?...
jumlah lilitan sebanding dengan torsi yg dihasilkan..berarti menambah jumlah lilitan akan menaikan torsi, begitu juga sebaliknya....
untuk memperkuat magnet, abah yakin disini sudah pada tau tentang macam2 magnet seperti pada motor mini4wd....mulai dari magnet biasa, silver sampai gold, dengan tingkat kekuatan yg berbeda....
tapi cara memperbesar arus ini lah yg harus diperhatikan....merubah nilai arus akan ada macm2 cara...sederhananya kita lihat,arus ini adalah besaran listrik, besaran listrik apa yang mempengaruhi nilai arus?....tentu ada 2 hal....yaitu tegangan dan nilai tahanan...sebanding lurus dengan tegangan....tegangan makin besar, maka arus akan membesar......tapi berbanding terbalik dengan tahanan, tahanan dalam kumparan, tahanan makin kecil, maka arus akan semakin besar.....
bermain disisi tegangan mungkin gampang, kita bisa terus perbesar tegangan sampai titik tahan isolasi motor, dan kemampuan hantar arus kawat kumparan...
tapi saat bermain dengan tahanan dalam....ini yg bercabang lagi menjadi beberapa cara....diantaranya:
- tiap jenis kawat punya nilai tahanan dalam berbeda2 bergantung bahannya, nilai tahanan dalam dihitung ohm per panjang kawat...berdasar hal ini, tentunya semakin pendek panjang kawat, berarti tahanan makin kecil kan?....didalam motor, ini direalisasikan dengan mengurangi jumlah lilitan....tapi ingat!!! parameter diatas, bahwa ternyata jumlah lilitan sendiri berbanding lurus dengan torsi....kita mengurangi lilitan karena ingin memperbesar arus, tapi ternyata torsi menurun
- masih berdasar sifat diatas, bisa saja kita ganti lilitan dengan menggunakan kawat kualitas no 1, yg punya tahanan dalam kecil, jadi bisa di aliri arus lebih besar....
- masih ingat dengan hukum ohm....resistor dengan nilai sama saat diparalel akan menghasilkan resultan resistansi yg lebih kecil dari nilai perkomponen?...ini direalisasikan dengan membuat lilitan rangkap...seperti pada mini4wd dikenal ada lilitan rangkap 2, rangkap 3, rangkap 4.....
iya, ngerti, sedikit... :p
BalasHapusmakasih
mau nanya nih om,saya berencana mau rakit sepeda dengan memakai mesin bor batrai.disetiap tipe mesin bor saya lihat beragam torsinya.kira2 torsinya yg sebesar apa yg sanggup buat bawa beban sekitar 70kg ya?tq
BalasHapusIkut nunggu jawaban he,,,,
Hapusuntuk mini 4wd cara hitung kawatnya bagaimana kalau ingin torsi yg besar dengan cara melilit rangkap dua atau tiga..wa 0895806022722,jrg online bang
BalasHapusOm mau tanya sy lilit ulang dinamo brushless dgn memperbesar ukuran kawat dan menambah jumlah lilitan,kok rpm malah berkurang ya? Disuply tegangan dc yg sama. Terimakasih
BalasHapus