Para pengguna BlackBerry telah banyak mengetahui produk-produk buatan
BlackBerry telah didukung oleh sistem operasi terbaru yaitu Blackberry
OS 7. Tentunya sebuah inovasi baru akan memiliki keunggulan tersendiri
dibandingkan dengan produk sebelumnya. BlackBerry OS 7 telah dilengkapi
dengan fitur pencarian universal, peningkatan kecepatan internet yang
lebih baik, dan juga didukung perekaman video dengan format High
Definition 720 piksel. Selain itu, kelebihan perangkat ini juga
ditunjang dengan penggunaan teknologi Liquid grafis dan Augmented
Reality yang dapat menghubungkan pengguna baru ke jaringan seperti BBM
dan jejaring sosial.
Seperti kata pepatah "tak ada gading yang tak retak", BlackBerry OS 7
pun bukannya barang yang telah sempurna. Ia memiliki kekurangannya
tersendiri yang patut diperbaiki untuk produksi ke depannya. Berikut
fakta menarik dari BlackBerry OS 7:
Prosesor Menguras Energi
Penggunaan prosesor di produk BlackBerry OS 7 seringkali mengakibatkan
terkurasnya banyak energi pada baterai. Dengan kecepatan prosesor 1.2
GHz, sistem akan meminta penggunaan energi yang dapat memadai proses
komputasi pada BlackBerry OS 7. Namun, produk-produk BlackBerry
sebelumnya memang belum menggunakan prosesor sekuat ini. Maka kecepatan
dalam mengakses fitur-fitur di dalam perangkat OS 7 akan semakin lebih
cepat.
Dukungan Browser Mumpuni
Dengan OS 7, pengguna akan jarang menemui kesulitan membuka browser yang
sering terjadi pada produk-produk BlackBerry sebelumnya. Hal tersebut
dikarenakan BlackBerry OS 7 sudah dapat mendukung format HTML 5. 3.
Liquid Grafis
Kemampuan browser telah diperbaiki dengan hadirnya fitur Liquid grafis
yang diklaim lebih cepat dari produk sebelumnya. Liquid grafis adalah
fitur yang dapat menampilkan gambar lebih jernih dan layar yang lebih
ramah dengan sentuhan jari. Teknologi ini sama seperti
perangkat-perangkat iOS atau Android.
Document ToGo
BlackBerry OS 7 telah dilengkapi dengan aplikasi Document ToGo dalam
versi premium. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat
dokumen yang didukung oleh Word, Excel, PowerPoint dan lainnya. Dengan
demikian, pengguna BlackBerry sekarang tidak harus membeli aplikasi ini
secara terpisah.
Voice Activated Universal Search
Seperti halnya teknologi yang dimiliki Android, BlackBerry OS 7 telah
dilengkapi dengan fitur pencarian menggunakan suara. Teknologi tersebut
dikenal dengan Voice Activated Universal Search. Hanya saja, performanya
dirasa belum sebaik Android.
Tidak Dapat Upgrade OS
BlackBerry OS 7 dikenal tidak dapat digunakan pada perangkat lama.
Pengguna sistem operasi baru tersebut tidak mendukung upgrade untuk
produk lamanya seperti BlackBerry OS 6. Maka, bagi yang menginginkannya,
pengguna harus membeli produk-produk baru seperti BlackBerry Bold
Touch.
sumber klik
Sabtu, 23 Juni 2012
[MUST SEE!] 5 Sungai Terbersih di Dunia
Sungai Li
Sungai Li berasal dari Pegunungan Mao'er di Xing'an County dan mengalir ke arah selatan melalui Guilin, Yangshuo dan Pingle. Ketika di Pingle Sungai Li menyatu dengan dua aliran lain, dan terus menuju selatan Sungai Gui, yang jatuh ke dalam Jiang Xi, anak sungai barat yaitu Sungai Pearl, di Wuzhou. Pada 437 kilometer dari Sungai Li dan sungai Gui diapit oleh perbukitan hijau nan indah. Pemancing Cormorant sering dikaitkan dengan Lijiang. Topografi bukit karst yang tidak biasa telah sering dibandingkan dengan yang di Teluk Halong, Vietnam.
Sungai Torne
Sungai Torne terletak di bagian utara Swedia dan Finlandia. Sekitar setengah dari sungai ini merupakan bagian dari perbatasan antara kedua negara. Sungai ini dialiri oleh Danau Torne dekat perbatasan dengan Norwegia dan mengalir umumnya ke arah tenggara untuk jarak 522 kilometer (324 mil) ke Teluk Bothnia. Sungai ini merupakan sungai terbesar di Norrbotten (Swedia Utara) baik panjangnya sungai maupun wilayah aliran sungai dan juga salah satu sungai terbersih di dunia. Sumber dari Sungai Torne yaitu Danau Torne dekat perbatasan dengan Norwegia.Sungai Torne mengalir tanpa hambatan oleh konsentrasi kegiatan penduduk manusia sampai desa Kurravaara, sekitar 12 kilometer (7 mil) timur laut dari Kiruna.
Sungai St. Croix
The St Croix River adalah anak sungai dari Sungai Mississippi, panjangnya sekitar 164 mil atau 264 km, Sungai ini terletak di negara bagian AS bagian Wisconsin dan Minnesota.Di jarak 125 mil kebawah(201 km) sungai ini terbentuk perbatasan antara Wisconsin dan Minnesota. Sungai ini adalah Riverway Scenic Nasional di bawah perlindungan National Park Service. Sebuah pembangkit listrik tenaga air di St Croix Falls memasok listrik ke Minneapolis-St. Paulus metropolitan area. The St Croix Sungai terbit di sudut barat laut Wisconsin, dari Hulu St Danau di Douglas County, dekat Solon Springs, sekitar 20 mil (32 km) selatan Danau Superior. Mengalir ke selatan untuk Gordon, kemudian barat daya. Dan bergabung dengan Sungai Namekagon di utara Burnett County, di mana ia menjadi lebih luas secara signifikan. Beberapa kilometer di hilir Croix St memenuhi perbatasan antara Minnesota dan Wisconsin, yang membatasi sekitar 130 mil (210 km) sampai pertemuan dengan Sungai Mississippi.
Sungai Tara
Sungai Tara terkenal akan kebersihan airnya. Tara adalah sungai yang terletak di Montenegro, Bosnia dan Herzegovina. Sungai ini muncul dari pertemuan dua sungai yaitu Sungai Opasnica dan Veruša di Gunun Prokletije, bagian dari Pegunungan Alpen Montenegro. Sungai ini panjangnya 144 km, yang berada 110 km di Montenegro, sementara 34 km sisanya adalah Bosnia dan Herzegovia, dan membentuk pertbatasan antara kedua negara di beberapa tempat. Sungai Tara mengalir dari selatan ke utara, lalu utara ke barat dan menyatu dengan Piva di Bosnia dan Herzegovina dan Montenegro perbatasan antara desa Šćepan Polje (Montenegro) dan Hum (Bosnia dan Herzegovina) untuk membentuk sungai Drina.
Sungai Thames
Sungai Thames adalah sungai terbersih di dunia yang mengalir melalui sebuah kota besar. Ini adalah prestasi besar mengingat 50 tahun yang lalu sungai itu begitu tercemar yang dinyatakan mati secara biologis. Dari tahun 1830-1860 puluhan ribu orang meninggal karena kolera akibat polusi di Sungai Thames. Limbah ini dibuang langsung ke Sungai Thames. Diputuskan bahwa 'tanaman Pengobatan' harus dibangun untuk membersihkan air dari Thames sebelum dipompa ke rumah. Tanaman pengobatan juga dibersihkan dari air kotor setiap rumah sebelum kembali ke Sungai Thames. Tidak hanya kesehatan masyarakat yang membaik, tetapi juga air di Sungai Thames menjadi lebih bersih. Pada tahun 1960 undang-undang baru dibuat untuk menghentikan pabrik membiarkan air kotor / limbah mereka pergi ke sungai. Saat ini lebih dari setengah dari lumpur limbah London dijual dalam bentuk pelet sebagai pupuk untuk pertanian.
sumber : klik
Sungai Li berasal dari Pegunungan Mao'er di Xing'an County dan mengalir ke arah selatan melalui Guilin, Yangshuo dan Pingle. Ketika di Pingle Sungai Li menyatu dengan dua aliran lain, dan terus menuju selatan Sungai Gui, yang jatuh ke dalam Jiang Xi, anak sungai barat yaitu Sungai Pearl, di Wuzhou. Pada 437 kilometer dari Sungai Li dan sungai Gui diapit oleh perbukitan hijau nan indah. Pemancing Cormorant sering dikaitkan dengan Lijiang. Topografi bukit karst yang tidak biasa telah sering dibandingkan dengan yang di Teluk Halong, Vietnam.
Sungai Torne
Sungai Torne terletak di bagian utara Swedia dan Finlandia. Sekitar setengah dari sungai ini merupakan bagian dari perbatasan antara kedua negara. Sungai ini dialiri oleh Danau Torne dekat perbatasan dengan Norwegia dan mengalir umumnya ke arah tenggara untuk jarak 522 kilometer (324 mil) ke Teluk Bothnia. Sungai ini merupakan sungai terbesar di Norrbotten (Swedia Utara) baik panjangnya sungai maupun wilayah aliran sungai dan juga salah satu sungai terbersih di dunia. Sumber dari Sungai Torne yaitu Danau Torne dekat perbatasan dengan Norwegia.Sungai Torne mengalir tanpa hambatan oleh konsentrasi kegiatan penduduk manusia sampai desa Kurravaara, sekitar 12 kilometer (7 mil) timur laut dari Kiruna.
Sungai St. Croix
The St Croix River adalah anak sungai dari Sungai Mississippi, panjangnya sekitar 164 mil atau 264 km, Sungai ini terletak di negara bagian AS bagian Wisconsin dan Minnesota.Di jarak 125 mil kebawah(201 km) sungai ini terbentuk perbatasan antara Wisconsin dan Minnesota. Sungai ini adalah Riverway Scenic Nasional di bawah perlindungan National Park Service. Sebuah pembangkit listrik tenaga air di St Croix Falls memasok listrik ke Minneapolis-St. Paulus metropolitan area. The St Croix Sungai terbit di sudut barat laut Wisconsin, dari Hulu St Danau di Douglas County, dekat Solon Springs, sekitar 20 mil (32 km) selatan Danau Superior. Mengalir ke selatan untuk Gordon, kemudian barat daya. Dan bergabung dengan Sungai Namekagon di utara Burnett County, di mana ia menjadi lebih luas secara signifikan. Beberapa kilometer di hilir Croix St memenuhi perbatasan antara Minnesota dan Wisconsin, yang membatasi sekitar 130 mil (210 km) sampai pertemuan dengan Sungai Mississippi.
Sungai Tara
Sungai Tara terkenal akan kebersihan airnya. Tara adalah sungai yang terletak di Montenegro, Bosnia dan Herzegovina. Sungai ini muncul dari pertemuan dua sungai yaitu Sungai Opasnica dan Veruša di Gunun Prokletije, bagian dari Pegunungan Alpen Montenegro. Sungai ini panjangnya 144 km, yang berada 110 km di Montenegro, sementara 34 km sisanya adalah Bosnia dan Herzegovia, dan membentuk pertbatasan antara kedua negara di beberapa tempat. Sungai Tara mengalir dari selatan ke utara, lalu utara ke barat dan menyatu dengan Piva di Bosnia dan Herzegovina dan Montenegro perbatasan antara desa Šćepan Polje (Montenegro) dan Hum (Bosnia dan Herzegovina) untuk membentuk sungai Drina.
Sungai Thames
Sungai Thames adalah sungai terbersih di dunia yang mengalir melalui sebuah kota besar. Ini adalah prestasi besar mengingat 50 tahun yang lalu sungai itu begitu tercemar yang dinyatakan mati secara biologis. Dari tahun 1830-1860 puluhan ribu orang meninggal karena kolera akibat polusi di Sungai Thames. Limbah ini dibuang langsung ke Sungai Thames. Diputuskan bahwa 'tanaman Pengobatan' harus dibangun untuk membersihkan air dari Thames sebelum dipompa ke rumah. Tanaman pengobatan juga dibersihkan dari air kotor setiap rumah sebelum kembali ke Sungai Thames. Tidak hanya kesehatan masyarakat yang membaik, tetapi juga air di Sungai Thames menjadi lebih bersih. Pada tahun 1960 undang-undang baru dibuat untuk menghentikan pabrik membiarkan air kotor / limbah mereka pergi ke sungai. Saat ini lebih dari setengah dari lumpur limbah London dijual dalam bentuk pelet sebagai pupuk untuk pertanian.
sumber : klik
Inilah Hewan-hewan unik yang mampu menginspirasi manusia
Lalat

Mata Lalat Inspirasi Kamera Pendektesi Gerak
Pernah terpikirkan gak sih oleh kalian kalau ternyata kamera pendeteksi gerak itu ternyata terinspirasi dari seekor hewan yang sering kali kita mengganggu dan berbunyi ngiiiing saat ia sedang terbang yaitu Lalat. Hewan yang berhabitat di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah ternyata bermanfaat juga loh walaupun hewan ini sangat bersahabat dengan kotoran tapi bisa mata dari yang mereka miliki bisa menjadi inspirasi dari para ilmuwan untuk membuat sebuah kamera pendektesi gerak. Kamera ini dapat mendeteksi gerak dari sebuah objek dan kamera bergerak mengikuti arah gerakan dari objek.

Tangkap lalat dan letakkan matanya di bawah mikroskop. Struktur matanya menjadi inspirasi para ilmuwan untuk mengembangkan kamera video pendeteksi gerakan, sistem detektor target untuk peralatan militer, maupun radar.

Sebab, mata seekor lalat diketahui mampu melihat gerakan objek dengan jelas di antara benda-benda lain yang berada di sekitarnya. Hal tersebut dapat dilakukan karena serangga tersebut dapat menyatukan gambaran suatu objek yang mendapatkan tingkat pencahayaan berbeda-beda. Kamera konvensional umumnya hanya bersandar pada satu tingkat pencahayaan.
Misalnya, melihat gerakan seseorang di antara rerimbunan pohon. Dengan memfokuskan pandangan di sekitar gerakan, mata lalat dapat melihat perpindahan objek secara utuh.
Ternyata banyak hal-hal kecil seperti ini yang kita tidak ketahui ya? Padahal efek dari hal-hal kecil tersebut dapat berdampak baik untuk perkembangan kebutuhan manusia, baik dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan dan sebagainya.
INI CONTOH Kamera Pendektesi Gerak GAN :

Kecoa

Kaki Kecoa jadi inspirasi membuat robot yang bisa berlari dengan cepat.
OREGON - Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa kecoa adalah serangga paling menjijikkan di dunia. Namun tahukah Anda? Para ilmuwan sangat kagum pada serangga yang satu ini.

Mereka setuju bahwa kecoa memiliki kaki hasil evolusi yang unik. Enam kaki yang dimiliki kecoa membuat mereka dapat bergerak secara mengagumkan dan berlari cepat.

Inilah sebabnya mengapa para ilmuwan di Oregon State University (OSU) menggunakan kecoa sebagai sumber inspirasi bagi robot pertama di dunia yang bisa berlari cepat. Robot ini bahkan disebut-sebut dapat berlari dengan mudah melewati rintangan, sama seperti cara berlari kecoa.
Seperti dikutip dari Science Daily, Kamis (31/12/2009), llmuwan tak hanya ingin meniru kemampuan berlarinya saja, perilaku kecoa yang tanpa berpikir, namun dengan semangat berlari kian kemari pun menjadi inspirasi para ahli untuk menanamkan kemampuan yang sama pada robot mereka.

"Penemuan terbaru menggarisbawahi bagaimana hewan menggunakan kaki untuk mengatur penyimpanan dan pengeluaran energi, dan mengapa hal ini begitu penting untuk stabilitas berlari," kata asisten profesor John Schmitt dari School of Mechanical Industrial and Manufacturing Engineering di OSU.
"Kecoa tidak perlu berpikir saat mereka berlari, sebagai gantinya mereka lebih sering menggunakan tindakan otot yang tidak memerlukan kontrol reflek," tambahnya.

Schmitt menjelaskan bahwa kemampuan ini merupakan bagian yang tengah diupayakan para ilmuwan agar bisa ada pada sebuah robot. Dengan kemampuan ini, robot bisa bergerak lebih cepat tanpa mengeluarkan energi yang besar dan memperhitungkan kekuatan yang mereka butuhkan.

"Jika kita bisa mengembangkan sebuah robot yang berlari dengan cepat, robot tersebut tidak akan memerlukan terlalu banyak kemampuan komputasi dan energi untuk bisa berlari," tandas Schmidtt.
Udang Mantis


Mata udang mantis menginspirasi pembuatan teknologi 3D
Saat ini kita seringkali mendengar kata tiga dimensi atau 3D. Apa yang Anda bayangkan saat mendengar kata tersebut? Mungkin film 3D, TV 3D, ponsel 3D, game 3D atau perangkat lain dengan teknologi 3D yang ada di rumah atau di sekitar Anda. Sebenarnya apa definisi dari 3D tersebut? Menurut kamus kata 3D (tiga dimensi) adalah suatu bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar dan tinggi. Untuk menampilkan efek 3D pada suatu objek maka suatu gambar/film akan terlihat memiliki kedalaman dan perbedaan ruang antara suatu objek dengan objek yang lain. Teknologi 3D memungkinkan pemirsa menyaksikan tayangan televisi atau film secara lebih nyata. Dimensi yang disuguhkan membuat pemirsa seolah-olah berada pada saat yang sama dengan objek yang ditontonnya. Hebat sekali …

Tahukah Anda kalau ternyata teknologi 3D terinspirasi dari seekor binatang kecil yang bernama udang mantis. Udang mantis (Odontodactylus scyllarus) ternyata tidak cuma memiliki tampilan yang mengesankan, tapi juga dikaruniai kemampuan ‘menangkap’ cahaya yang terpolarisasi yang menjadi dasar pengembangan teknologi 3D. Jika manusia hanya dapat melihat dengan kombinasi 3 warna primer, mata udang mantis dapat membedakan dengan kombinasi 11-12 warna primer. Selain itu, udang mantis juga memiliki kemampuan melihat langsung warna cahaya berbeda-beda dari polarisasi cahaya.

Hal ini menginspirasi seorang Profesor Elektro-Optikal dari National Taipei University of Technology, Taipei bernama Jen Yi-jun untuk mengembangkan material baru dengan struktur mirip lensa mata udang mantis yang disebut waveplate. Menurut Jen, material tersebut bisa digunakan untuk mem-filter cahaya dengan spektrum yang lebih luas dari piranti optik pada DVD player yang ada saat ini. Dengan inovasi ini, penggemar film nantinya bisa menonton film 3D dengan kualitas lebih baik.Ke depan, teknologi ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan kacamata 3D sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman visual yang lebih baik. Hebat ya ternyata seekor udang bisa menginspirasi sebuah teknologi luar biasa yang sedang tren saat ini …
Sumber : Kompas.com
Lumba-lumba

Sonar lumba-lumba menginspirasi pembuatan radar kapal selam.
Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembua
tan radar kapal selam. Lumba-lumba adalah binatang menyusui. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerebat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba.



Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

capung

capung menginspirasi pembuatan helikopter
ilmuwan yang tak terhitung jumlahnya telah mencoba membuat mesin terbang yang lebih baik sampai akhirnya mereka mampu membuat mesin terbang terkini dengan disainnya yang mengagumkan.dan tahukah kamu bahwa yang dijadikan model untuk pembuatan ini adalah hewan capung??


hewan yang mempunyai kemampuan terbang yang luar biasa ini memang mengagumkan capung dapat melayang pada posisi tetap di udara atau mendarat di tempat yang diinginkan adalah sama pentingnya dengan kemampuan terbang itu sendiri. Untuk itulah, manusia merancang pesawat terbang dengan kemampuan manuver yang tinggi, yaitu helikopter. Helikopter mampu melayang di udara pada posisi tetap dan lepas landas secara tegak lurus. Karena keuntungan militer inilah, berbagai negara telah menyediakan dana dalam jumlah tak terbatas untuk pengembangan helikopter. Akan tetapi, penelitian terkini telah menemukan fakta yang sangat mencengangkan. Teknologi penerbangan helikopter modern ternyata sangat tertinggal jauh dibanding dengan seekor makhluk mungil yang mampu terbang. Makhluk ini adalah capung.

selain itu sayap capung juga menginspirasi pembangunan munich olympic stadium juga loh gan .. Keren kan !!!

sumber : klik

Mata Lalat Inspirasi Kamera Pendektesi Gerak
Pernah terpikirkan gak sih oleh kalian kalau ternyata kamera pendeteksi gerak itu ternyata terinspirasi dari seekor hewan yang sering kali kita mengganggu dan berbunyi ngiiiing saat ia sedang terbang yaitu Lalat. Hewan yang berhabitat di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah ternyata bermanfaat juga loh walaupun hewan ini sangat bersahabat dengan kotoran tapi bisa mata dari yang mereka miliki bisa menjadi inspirasi dari para ilmuwan untuk membuat sebuah kamera pendektesi gerak. Kamera ini dapat mendeteksi gerak dari sebuah objek dan kamera bergerak mengikuti arah gerakan dari objek.

Tangkap lalat dan letakkan matanya di bawah mikroskop. Struktur matanya menjadi inspirasi para ilmuwan untuk mengembangkan kamera video pendeteksi gerakan, sistem detektor target untuk peralatan militer, maupun radar.

Sebab, mata seekor lalat diketahui mampu melihat gerakan objek dengan jelas di antara benda-benda lain yang berada di sekitarnya. Hal tersebut dapat dilakukan karena serangga tersebut dapat menyatukan gambaran suatu objek yang mendapatkan tingkat pencahayaan berbeda-beda. Kamera konvensional umumnya hanya bersandar pada satu tingkat pencahayaan.
Misalnya, melihat gerakan seseorang di antara rerimbunan pohon. Dengan memfokuskan pandangan di sekitar gerakan, mata lalat dapat melihat perpindahan objek secara utuh.
Ternyata banyak hal-hal kecil seperti ini yang kita tidak ketahui ya? Padahal efek dari hal-hal kecil tersebut dapat berdampak baik untuk perkembangan kebutuhan manusia, baik dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan dan sebagainya.
INI CONTOH Kamera Pendektesi Gerak GAN :



Kaki Kecoa jadi inspirasi membuat robot yang bisa berlari dengan cepat.
OREGON - Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa kecoa adalah serangga paling menjijikkan di dunia. Namun tahukah Anda? Para ilmuwan sangat kagum pada serangga yang satu ini.

Mereka setuju bahwa kecoa memiliki kaki hasil evolusi yang unik. Enam kaki yang dimiliki kecoa membuat mereka dapat bergerak secara mengagumkan dan berlari cepat.

Inilah sebabnya mengapa para ilmuwan di Oregon State University (OSU) menggunakan kecoa sebagai sumber inspirasi bagi robot pertama di dunia yang bisa berlari cepat. Robot ini bahkan disebut-sebut dapat berlari dengan mudah melewati rintangan, sama seperti cara berlari kecoa.
Seperti dikutip dari Science Daily, Kamis (31/12/2009), llmuwan tak hanya ingin meniru kemampuan berlarinya saja, perilaku kecoa yang tanpa berpikir, namun dengan semangat berlari kian kemari pun menjadi inspirasi para ahli untuk menanamkan kemampuan yang sama pada robot mereka.

"Penemuan terbaru menggarisbawahi bagaimana hewan menggunakan kaki untuk mengatur penyimpanan dan pengeluaran energi, dan mengapa hal ini begitu penting untuk stabilitas berlari," kata asisten profesor John Schmitt dari School of Mechanical Industrial and Manufacturing Engineering di OSU.
"Kecoa tidak perlu berpikir saat mereka berlari, sebagai gantinya mereka lebih sering menggunakan tindakan otot yang tidak memerlukan kontrol reflek," tambahnya.

Schmitt menjelaskan bahwa kemampuan ini merupakan bagian yang tengah diupayakan para ilmuwan agar bisa ada pada sebuah robot. Dengan kemampuan ini, robot bisa bergerak lebih cepat tanpa mengeluarkan energi yang besar dan memperhitungkan kekuatan yang mereka butuhkan.

"Jika kita bisa mengembangkan sebuah robot yang berlari dengan cepat, robot tersebut tidak akan memerlukan terlalu banyak kemampuan komputasi dan energi untuk bisa berlari," tandas Schmidtt.
Udang Mantis


Mata udang mantis menginspirasi pembuatan teknologi 3D
Saat ini kita seringkali mendengar kata tiga dimensi atau 3D. Apa yang Anda bayangkan saat mendengar kata tersebut? Mungkin film 3D, TV 3D, ponsel 3D, game 3D atau perangkat lain dengan teknologi 3D yang ada di rumah atau di sekitar Anda. Sebenarnya apa definisi dari 3D tersebut? Menurut kamus kata 3D (tiga dimensi) adalah suatu bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar dan tinggi. Untuk menampilkan efek 3D pada suatu objek maka suatu gambar/film akan terlihat memiliki kedalaman dan perbedaan ruang antara suatu objek dengan objek yang lain. Teknologi 3D memungkinkan pemirsa menyaksikan tayangan televisi atau film secara lebih nyata. Dimensi yang disuguhkan membuat pemirsa seolah-olah berada pada saat yang sama dengan objek yang ditontonnya. Hebat sekali …

Tahukah Anda kalau ternyata teknologi 3D terinspirasi dari seekor binatang kecil yang bernama udang mantis. Udang mantis (Odontodactylus scyllarus) ternyata tidak cuma memiliki tampilan yang mengesankan, tapi juga dikaruniai kemampuan ‘menangkap’ cahaya yang terpolarisasi yang menjadi dasar pengembangan teknologi 3D. Jika manusia hanya dapat melihat dengan kombinasi 3 warna primer, mata udang mantis dapat membedakan dengan kombinasi 11-12 warna primer. Selain itu, udang mantis juga memiliki kemampuan melihat langsung warna cahaya berbeda-beda dari polarisasi cahaya.

Hal ini menginspirasi seorang Profesor Elektro-Optikal dari National Taipei University of Technology, Taipei bernama Jen Yi-jun untuk mengembangkan material baru dengan struktur mirip lensa mata udang mantis yang disebut waveplate. Menurut Jen, material tersebut bisa digunakan untuk mem-filter cahaya dengan spektrum yang lebih luas dari piranti optik pada DVD player yang ada saat ini. Dengan inovasi ini, penggemar film nantinya bisa menonton film 3D dengan kualitas lebih baik.Ke depan, teknologi ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan kacamata 3D sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman visual yang lebih baik. Hebat ya ternyata seekor udang bisa menginspirasi sebuah teknologi luar biasa yang sedang tren saat ini …
Sumber : Kompas.com

Lumba-lumba

Sonar lumba-lumba menginspirasi pembuatan radar kapal selam.
Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembua
tan radar kapal selam. Lumba-lumba adalah binatang menyusui. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerebat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba.



Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.


capung

capung menginspirasi pembuatan helikopter
ilmuwan yang tak terhitung jumlahnya telah mencoba membuat mesin terbang yang lebih baik sampai akhirnya mereka mampu membuat mesin terbang terkini dengan disainnya yang mengagumkan.dan tahukah kamu bahwa yang dijadikan model untuk pembuatan ini adalah hewan capung??


hewan yang mempunyai kemampuan terbang yang luar biasa ini memang mengagumkan capung dapat melayang pada posisi tetap di udara atau mendarat di tempat yang diinginkan adalah sama pentingnya dengan kemampuan terbang itu sendiri. Untuk itulah, manusia merancang pesawat terbang dengan kemampuan manuver yang tinggi, yaitu helikopter. Helikopter mampu melayang di udara pada posisi tetap dan lepas landas secara tegak lurus. Karena keuntungan militer inilah, berbagai negara telah menyediakan dana dalam jumlah tak terbatas untuk pengembangan helikopter. Akan tetapi, penelitian terkini telah menemukan fakta yang sangat mencengangkan. Teknologi penerbangan helikopter modern ternyata sangat tertinggal jauh dibanding dengan seekor makhluk mungil yang mampu terbang. Makhluk ini adalah capung.

selain itu sayap capung juga menginspirasi pembangunan munich olympic stadium juga loh gan .. Keren kan !!!


sumber : klik
Lima Bintang Yang akan bersinar di EURO 2012
Perhelatan Euro 2012 akan segera dimulai. Tim-tim terbaik Eropa akan
saling adu sikut menjadi yang terbaik. Dan tak dapat dipungkiri momen
ini juga akan menjadi ajang 'jual diri' bagi para pemain untuk dapat
dilirik klub-klub terbaik Eropa.
Jika beberapa pemain elit macam Cristiano Ronaldo, Franck Ribery, Mesut Oezil, Robin van Persie, Wayne Rooney dan Xavi Hernandez hanya fokus memikirkan gelar maka beda cerita dengan beberapa pemain 'kurang ternama'.
Bagi mereka, perhelatan Euro kali ini akan digunakan sebagai ajang promosi untuk dilirik klub-klub elit Eropa atau paling tidak masuk tim inti. Lalu siapa saja yang berpotensi menjadi bintang baru di Euro 2012 mendatang?
Berikut ini 5 pemain yang berpotensi menjadi bintang di Polandia dan Ukraina:
1. DANNY WELBECK (Inggris)

Striker muda Manchester United ini berpeluang menjadi bintang setelah timnas Inggris harus kehilangan Wayne Rooney di dua laga pembuka Euro 2012. Welbeck tampaknya akan menjadi prioritas pelatih Roy Hodgson setelah sebelumnya sukses menjadi bintang kemenangan Inggris dalam laga persahabatan kontra Belgia. Gol semata wayang striker 21 tahun ini sukses membuat The Three Lions menang 1-0. Selain itu, Welbeck juga dapat menjadi tandem Andy Carroll saat Inggris harus memainkan dua striker.
2. CHRISTIAN ERIKSEN (Denmark)

Eriksen punya potensi menjadi bintang di Euro 2012. Keyakinan itu bahkan dimiliki legenda sepakbola Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff yang menyarankan Ajax Amsterdam memboyongnya pada 2008 silam dari OB. Kualitas gelandang serang 20 tahun ini juga telah diakui dengan terpilih sebagai Pemain Terbaik Denmark tahun lalu saat ia masih 19 tahun. Bersama Ajax musim lalu, Eriksen telah mencetak 7 gol dan 15 assist dari 31 laga.
3. OLIVIER GIROUD (Prancis)

Di Prancis, orang selalu membicarakan generasi 1987 di mana Karim Benzema, Hatem Ben Arfa, Jeremy Menez dan Samir Nasri semua lahir di tahun itu. Namun, ada satu pemain Prancis yang tak masuk generasi ini namun berpotensi menjadi pemain kunci. Dialah striker Olivier Giroud yang lahir satu tahun lebih awal dari para generasi 1987. Penyerang 25 tahun ini menjadi salah satu kunci sukses Montpellier menjadi kampiun di Liga Prancis. Giroud juga telah membuktikan kualitasnya di timnas Prancis. Saat Les Bleus tertinggal 0-2 dari Islandia di babak I, pelatih Laurent Blanc memasukan Giroud di babak kedua. Hasilnya, Prancis berbalik unggul 3-2 di mana Giroud sukses memberikan assists kepada gol Ribery dan Adil Rami.
4. NIKICA JELAVIC (Kroasia)

Sebelum pada Januari lalu hijrah ke Everton, banyak yang mempertanyakan kualitas seorang Jelavic. Meski punya catatan gol bagus saat membela Glasgow Ragers di Liga Skotlandia, namun publik Inggris tetap meragukan kualitasnya saat harus berkompetisi di Premier League. Namun keraguan itu dijawab tuntas Jelavic. Penyerang 26 tahun ini langsung menjadi andalan Everton dengan torehan 9 gol dalam 13 pertandingan. Kini dengan cederanya Ivica Olic, ia akan menjadi tumpuan Kroasia dan berpeluang menjadi bintang di Polandia dan Ukraina.
5. ROBERT LEWANDOWSKI (Polandia)

Ketika Dortmund bertemu Bayern Munich di final DFB Pokal, banyak yang menganggap ini akan menjadi duel dua striker terbaik. Gomez di kubu Munich dan Lewandowski di kubu Dortmund. Hasilnya, Lewandowski tampil sebagai pemenang setelah mencetak hattrick sekaligus membuat Dortmund menang 5-2. Skill menawan dikolaborasikan dengan penempatan posisi yang bagus menjadi kelebihan dari penyerang 23 tahun ini.
Siapa pilihan agan-agan??
Sumber: Vivanews
Jika beberapa pemain elit macam Cristiano Ronaldo, Franck Ribery, Mesut Oezil, Robin van Persie, Wayne Rooney dan Xavi Hernandez hanya fokus memikirkan gelar maka beda cerita dengan beberapa pemain 'kurang ternama'.
Bagi mereka, perhelatan Euro kali ini akan digunakan sebagai ajang promosi untuk dilirik klub-klub elit Eropa atau paling tidak masuk tim inti. Lalu siapa saja yang berpotensi menjadi bintang baru di Euro 2012 mendatang?
Berikut ini 5 pemain yang berpotensi menjadi bintang di Polandia dan Ukraina:
1. DANNY WELBECK (Inggris)

Striker muda Manchester United ini berpeluang menjadi bintang setelah timnas Inggris harus kehilangan Wayne Rooney di dua laga pembuka Euro 2012. Welbeck tampaknya akan menjadi prioritas pelatih Roy Hodgson setelah sebelumnya sukses menjadi bintang kemenangan Inggris dalam laga persahabatan kontra Belgia. Gol semata wayang striker 21 tahun ini sukses membuat The Three Lions menang 1-0. Selain itu, Welbeck juga dapat menjadi tandem Andy Carroll saat Inggris harus memainkan dua striker.
2. CHRISTIAN ERIKSEN (Denmark)

Eriksen punya potensi menjadi bintang di Euro 2012. Keyakinan itu bahkan dimiliki legenda sepakbola Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff yang menyarankan Ajax Amsterdam memboyongnya pada 2008 silam dari OB. Kualitas gelandang serang 20 tahun ini juga telah diakui dengan terpilih sebagai Pemain Terbaik Denmark tahun lalu saat ia masih 19 tahun. Bersama Ajax musim lalu, Eriksen telah mencetak 7 gol dan 15 assist dari 31 laga.
3. OLIVIER GIROUD (Prancis)

Di Prancis, orang selalu membicarakan generasi 1987 di mana Karim Benzema, Hatem Ben Arfa, Jeremy Menez dan Samir Nasri semua lahir di tahun itu. Namun, ada satu pemain Prancis yang tak masuk generasi ini namun berpotensi menjadi pemain kunci. Dialah striker Olivier Giroud yang lahir satu tahun lebih awal dari para generasi 1987. Penyerang 25 tahun ini menjadi salah satu kunci sukses Montpellier menjadi kampiun di Liga Prancis. Giroud juga telah membuktikan kualitasnya di timnas Prancis. Saat Les Bleus tertinggal 0-2 dari Islandia di babak I, pelatih Laurent Blanc memasukan Giroud di babak kedua. Hasilnya, Prancis berbalik unggul 3-2 di mana Giroud sukses memberikan assists kepada gol Ribery dan Adil Rami.
4. NIKICA JELAVIC (Kroasia)

Sebelum pada Januari lalu hijrah ke Everton, banyak yang mempertanyakan kualitas seorang Jelavic. Meski punya catatan gol bagus saat membela Glasgow Ragers di Liga Skotlandia, namun publik Inggris tetap meragukan kualitasnya saat harus berkompetisi di Premier League. Namun keraguan itu dijawab tuntas Jelavic. Penyerang 26 tahun ini langsung menjadi andalan Everton dengan torehan 9 gol dalam 13 pertandingan. Kini dengan cederanya Ivica Olic, ia akan menjadi tumpuan Kroasia dan berpeluang menjadi bintang di Polandia dan Ukraina.
5. ROBERT LEWANDOWSKI (Polandia)

Ketika Dortmund bertemu Bayern Munich di final DFB Pokal, banyak yang menganggap ini akan menjadi duel dua striker terbaik. Gomez di kubu Munich dan Lewandowski di kubu Dortmund. Hasilnya, Lewandowski tampil sebagai pemenang setelah mencetak hattrick sekaligus membuat Dortmund menang 5-2. Skill menawan dikolaborasikan dengan penempatan posisi yang bagus menjadi kelebihan dari penyerang 23 tahun ini.
Siapa pilihan agan-agan??
Sumber: Vivanews
Perbedaan Belanda,Netherland dan Holland
The Netherland adalah sebuah negara yang meliputi 12 propinsi. Holland
pula hanya meliputi 2 dari 12 propinsi seluruh The Netherland yaitu
Noord Holland dan Zuid Holland yang terletak di bagian barat. Sedangkan
10 propinsi yang lain BUKAN Holland. Penduduk di propinsi lain tidak
suka menggunakan nama Holland sebagai nama negara. Mereka lebih suka
menyebut nama negara mereka sebagai The Netherland. Begitu juga terjadi
di Inggris, orang-orang di Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara tidak
suka jika ada yang memanggil mereka orang Inggris karena mereka adalah
Scottish, Welsh dan Irish.
Di Netherland, Noord Holland (Utara) dan Zuid Holland (Selatan) merupakan pusat administrasi dan perekonomian yang utama. Ada 3 kota utama di wilayah ini yaitu Amsterdam (pusat administrasi), Rotterdam (pelabuhan terbesar di Eropa) dan Den Haag (kota ke-3 terbesar). 10 propinsi lain terletak disebelah timur, utara dan selatan Netherland yaitu Drenthe, Flevoland, Friesland, Gelderland, Groningen, Limburg, North Brabant, Overijssel, Utrecht dan Zeeland.
Jika merujuk bangsa dan bahasa, kata ‘Dutch’ sering digunakan. Tetapi bagaimana dengan kata ‘Belanda’ dalam bahasa Indonesia? Menurut sejarah, kata ‘Belanda’ diambil dari kata ‘Holanda’ dalam bahasa Portugis dan lama-kelamaan menjadi ‘Belanda’. Ini jelas menunjukkan ‘Belanda’ merujuk pada ‘Holland’ (Holanda) dan bukannya Netherland. Jadi kata Belanda yang digunakan tidak menggambar secara tepat negara Netherland. Singkatnya perbedaan ini adalah seperti berikut: -
1. The Netherland - keseluruhan negara yang memiliki 12 propinsi termasuk Holland Utara dan Holland Selatan.
2. Holland - merupakan 2 dari 12 propinsi The Netherland. Hanya propinsi Holland Utara dan Holland Selatan saja yang membentuk Holland.
3. Belanda - merujuk pada Holland yaitu evolusi dari kata Holanda dalam bahasa Portugis.
Di Netherland, Noord Holland (Utara) dan Zuid Holland (Selatan) merupakan pusat administrasi dan perekonomian yang utama. Ada 3 kota utama di wilayah ini yaitu Amsterdam (pusat administrasi), Rotterdam (pelabuhan terbesar di Eropa) dan Den Haag (kota ke-3 terbesar). 10 propinsi lain terletak disebelah timur, utara dan selatan Netherland yaitu Drenthe, Flevoland, Friesland, Gelderland, Groningen, Limburg, North Brabant, Overijssel, Utrecht dan Zeeland.
Jika merujuk bangsa dan bahasa, kata ‘Dutch’ sering digunakan. Tetapi bagaimana dengan kata ‘Belanda’ dalam bahasa Indonesia? Menurut sejarah, kata ‘Belanda’ diambil dari kata ‘Holanda’ dalam bahasa Portugis dan lama-kelamaan menjadi ‘Belanda’. Ini jelas menunjukkan ‘Belanda’ merujuk pada ‘Holland’ (Holanda) dan bukannya Netherland. Jadi kata Belanda yang digunakan tidak menggambar secara tepat negara Netherland. Singkatnya perbedaan ini adalah seperti berikut: -
1. The Netherland - keseluruhan negara yang memiliki 12 propinsi termasuk Holland Utara dan Holland Selatan.
2. Holland - merupakan 2 dari 12 propinsi The Netherland. Hanya propinsi Holland Utara dan Holland Selatan saja yang membentuk Holland.
3. Belanda - merujuk pada Holland yaitu evolusi dari kata Holanda dalam bahasa Portugis.
Senin, 23 April 2012
pendekatan perancangan sistem informasi terstruktur
HIPO
HIPO (Hierarchy plus Input-Proses-Output) merupakan metodologi yang dikembangkan dan didukung oleh IBM. HIPO sebenarnya adalah alat dokumentasi program. Tetapi sekarang, HIPO juga banyak digunakan sebagai alat disain dan teknik dokumentasi dalam siklus pengembangan sistem.HIPO berbasis pada fungsi, yaitu tiap-tiap modul di dalam sistem digambarkan oleh fungsi utamanya. Sama seperti penggambaran levelisasi pada DFD, fungsi-fungsi utama digambarkan lebih dahulu, kemudian fungsi-fungsi utama tersebut dibagi ke dalam tingkatan yang lebih rendah.
HIPO merupakan alat dokumentasi program yang berdasarkan fungsinya untuk meningkatkan efisiensi usaha perawatan program. Dokumen ini dilaksanakan dengan mempercepat lokasi dalam kode pada fungsi program yang akan dimodifikasi. Atau dapat dikatakan bahwa HIPO dikembangkan agar tersedia suatu teknik untuk mendokumentasikan fungsi program. Pembentukan HIPO ini dilakukan pada tahap pengembangan sistem informasi.
Tujuan HIPO Untuk memberikan struktur yang memungkinkan fungsi suatu sistem dapat dimengerti. Untuk menguraikan fungsi-fungsi yang akan dikerjakan oleh sustu program, bukan untuk mengkhususkan pernyataan program yang dipakai untuk melaksanakan fungsi-fungsi tersebut. Tujuan HIPO yang paling penting adalah untuk menghasilkan output yang benar dan dapat memenuhi kebutuhan user.
Jenis diagram HIPO
1. Daftar Isi Visual/ Visual Tabel of Contents (VTOC), yang terdiri dari satu diagram hirarki atau lebih. Visual tabel of contents menggambarkan seluruh program HIPO baik rinci maupun ringkasan yang terstruktur. Pada diagram ini nama dan nomor dari program HIPO diitentifikasikan. Struktur paket diagram dan hubungan fungsi juga diidentifikasikan dalam bentuk hirarki. Keterangan masing-masing fungsi diberikan pada bagian penjelasan yang diikutsertakan dalam diagram ini.
2. Diagram Ringkasan/ Overview Diagram yaitu suatu seri diagram fungsional. Masing-masing diagram dihubungkan dengan salah satu fungsi sistem. Diagram ringkasan menggambarkan fungsi dan referensi utama dari sistem. Fungsi dan referensi ini diperlukan program untuk memperluas fungsi sampai uraian yang terkecil. Diagram ini berisi input, proses dan output dari fungsi khusus. Input pada diagram ini berisis item-item data yang dipakai oleh proses, sedangkan proses merupakan urutan langkah-langkah yang menelaskan fungsi yang sedang dijalankan untuk menghasilkan suatu output. Output berisikan item-item data yang dihasilkan dan diubah oleh proses.
3. Diagram Rinci/ Detail Diagram yaitu suatu seri diagram fungsional dan masing-masing diagram dihubungkan dengan sebuah sub-fungsi sistem. Diagram rinci merupakan diagram yang paling rendah dalam diagram yang terdapat dalam paket HIPO. Diagram rinci berisi unsur-unsur paket dasar. Fungsi dari diagram ini adalah menjelaskan fungsi-fungsi khusus, menunjukan item-item output dan input yang khusus dan menunjukan diagram rinci lainnya.
DATA FLOW DIAGRAM
Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.
Data Flow Diagram dibagi menjadi 2, yaitu :
1. DFD Fisik Adalah representasi grafik dari sebuah sistem yang menunjukan entitas-entitas internal dan eksternal dari sistem tersebut, dan aliran-aliran data ke dalam dan keluar dari entitas-entitas tersebut. Entitas-entitas internal adalah personel, tempat (sebuah bagian), atau mesin (misalnya, sebuah komputer) dalam sistem tersebut yang mentransformasikan data. Maka DFD fisik tidak menunjukkan apa yang dilakukan, tetapi menunjukkan dimana, bagaimana, dan oleh siapa proses-proses dalam sebuah sistem dilakukan. (Tidak Bahas). Perlu diperhatikan didalam memberikan keterangan di lingkaran-lingkaran (simbol proses) dan aliran-aliran data (simbol aliran data) dalam DFD fisik menggunakan label/keterangan dari kata benda untuk menunjukan bagaimana sistem mentransmisikan data antara lingkaran-lingkaran tersebut.
2. DFD Logis Adalah representasi grafik dari sebuah sistem yang menunjukkan proses-proses dalam sistem tersebut dan aliran-aliran data ke dalam dan ke luar dari proses-proses tersebut. Kita menggunakan DFD logis untuk membuat dokumentasi sebuah sistem informasi karena DFD logis dapat mewakili logika tersebut, yaitu apa yang dilakukan oleh sistem tersebut, tanpa perlu menspesifikasi dimana, bagaimana, dan oleh siapa proses-proses dalam sistem tersebut dilakukan. Keuntungan dari DFD logis dibandingkan dengan DFD fisik adalah dapat memusatkan perhatian pada fungsi-fungsi yang dilakukan sistem.
STRUKTUR ANALYSIS AND DESIGN TECHNIQUE (SADT)
SADT merupakan metodologi pengembangan sistem terstruktur yg dikembangkan oleh D.T. Ross selama tahun 1969 sampai dengan tahun 1973. SADT kemudian didukung dan dikembangkan oleh SofTech Corporation sejak tahun 1974 SADT memandang suatu sistem terdiri dari 2 hal sbb :
o Benda (obyek, dokumen atau data )
o Kejadian (kegiatan yang dilakukan oleh orang, mesin atau perangkat lunak ) Dua Tipe Diagram yg digunakan didalam paket SADT :
o Diagram kegiatan (activity diagram) yang disebut dengan actigrams
o Diagram data (data diagram) yang disebut dengan datagrams SADT sebagai metodologi pengembangan sistem terstruktur juga menganut konsep DEKOMPOSISI (menggambarkan sistem secara utuh terlebih dahulu (whole sistem) sebagai tingkat tertinggi (top level) dan memecah menjadi yg lebih rinci.
KEBAIKAN SADT
1. SADT mudah dipelajari
2. Merupakan alat yg baik untuk digunakan sebagai komunikasi antara analis sistem dengan pemakai sistem selama proses pengembangan sistem.
3. Hasil daro desain sistem akan didapatkan dokumentasi yg baik
4. Dengan spesifikasi desain yg sama kebanyakan perancang sistem akan menghasilkan solusi yang hampir mirip
KETERBATASAN SADT
1. Membutuhkan waktu & personil yang lebih banyak untuk membuatnya
2. Metodologi ini hanya bagus untuk tahap analisis dan desain secara umum
3. Proses didalam modul tidak digambarkan di SADT
4. Aplikasi dari metodologi ini tidak membutuhkan tingkat keahlian yg tertentu & pengalaman dari analis sistem .
WARNIER/ORR
Bentuk utama dalam Diagram WarnierlDiagram Orr di ket:Ilbangkanoleh J.D. Warnier pada akhir tabun 6O-andan awal tabun 70-an di Paris. Diagram ini diperkenalkan untuk menampilkan struktur hirarki set data output dan jnput dari suatu program. Kemudian K. Orr dari Topeka, Kansas, mengembangkan sebagian dari konsep Warnier sehingga menjadi'desain analisis sistem informasi maupun desain database.
Oleh karena itu diagram inidinamak~iDsebagaiDiagram Orr/Wanier (Diagram W/O). Diagram itu digunakan untuk menampilkan struktur data maupun proses. Alat utama dalam Diagram W/O adalah tanda kurung kurawal "{" yang juga disebut sebagai 'universal'.
Tanda ini menunjukkan dekomposisi (penyusunan kembali) sistem yang dibicarakan. Item yang tidak mengalami dekomposisi lagi disebut elemen. Jika DiagramW/0 menggambarkan struktur data, maka elemennya adalah data, namunjika diagram ini menggambarkan proses sistem,maka elemennya adalah operasi. J Warnier / Orr diagram adalah diagram gaya yang sangat berguna untuk menjelaskan proses kompleks (misalnya program-program komputer, proses bisnis, petunjuk) dan objek Prinsip kunci dari metodologi W/O adalah desain dari struktur program yg tertulis dilengkapi dengan struktur datanya.
Diagram W/O dapat menggambarkan struktur data yg berbentuk :
1. Struktur Data Urut
2. Struktur Data Repetisi
3. Struktur Data Seleksian bagan berjenjang yg diputar.
JSD (JACKSON’S SYSTEMS DEVELOPMENT)
JSD (Jackson Structured Design) diagram telah digunakan untuk berbagai aspek dari analisis tugas dan notasi dialog. Seperti halnya flow chart, JSD memiliki kelebihan dalam hal model ini telah dikenal luas oleh para programer.
Pendekatan JSD dimulai dengan membangun suatu model dari dunia nyata (real world) yg menyediakan subyek-subyek permasalahan dari sistem Fungsi dari sistem kemudian ditambahkan ke dalam model dunia nyata ini. Dunia nyata dijelaskan dalam bentuk kejadian-kejadian yg terjadi dalam suatu urutan waktu tertentu. JSD lebih tepat digunakan untuk sistem yang sifatnya dinamik, yaitu dimensi waktu merupakan faktor penting dibanding sistem yg statis.
Dunia nyata di JSD dapat berupa kesatuan (entitas) dan tindakannya (action) JSD mempunyai enam prosedur utama untuk mengembangkan sistem, yaitu sbb :
1. Langkah tindakan kesatuan (entity action step)
2. Langkah struktur kesatuan (entity structure step)
3. Langkah model awal (initial model step)
4. Langkah fungsi (function step)
5. langkah pengaturan waktu sistem (system timing step)
6. Langkah implementsi (implementation step).
HIPO (Hierarchy plus Input-Proses-Output) merupakan metodologi yang dikembangkan dan didukung oleh IBM. HIPO sebenarnya adalah alat dokumentasi program. Tetapi sekarang, HIPO juga banyak digunakan sebagai alat disain dan teknik dokumentasi dalam siklus pengembangan sistem.HIPO berbasis pada fungsi, yaitu tiap-tiap modul di dalam sistem digambarkan oleh fungsi utamanya. Sama seperti penggambaran levelisasi pada DFD, fungsi-fungsi utama digambarkan lebih dahulu, kemudian fungsi-fungsi utama tersebut dibagi ke dalam tingkatan yang lebih rendah.
HIPO merupakan alat dokumentasi program yang berdasarkan fungsinya untuk meningkatkan efisiensi usaha perawatan program. Dokumen ini dilaksanakan dengan mempercepat lokasi dalam kode pada fungsi program yang akan dimodifikasi. Atau dapat dikatakan bahwa HIPO dikembangkan agar tersedia suatu teknik untuk mendokumentasikan fungsi program. Pembentukan HIPO ini dilakukan pada tahap pengembangan sistem informasi.
Tujuan HIPO Untuk memberikan struktur yang memungkinkan fungsi suatu sistem dapat dimengerti. Untuk menguraikan fungsi-fungsi yang akan dikerjakan oleh sustu program, bukan untuk mengkhususkan pernyataan program yang dipakai untuk melaksanakan fungsi-fungsi tersebut. Tujuan HIPO yang paling penting adalah untuk menghasilkan output yang benar dan dapat memenuhi kebutuhan user.
Jenis diagram HIPO
1. Daftar Isi Visual/ Visual Tabel of Contents (VTOC), yang terdiri dari satu diagram hirarki atau lebih. Visual tabel of contents menggambarkan seluruh program HIPO baik rinci maupun ringkasan yang terstruktur. Pada diagram ini nama dan nomor dari program HIPO diitentifikasikan. Struktur paket diagram dan hubungan fungsi juga diidentifikasikan dalam bentuk hirarki. Keterangan masing-masing fungsi diberikan pada bagian penjelasan yang diikutsertakan dalam diagram ini.
2. Diagram Ringkasan/ Overview Diagram yaitu suatu seri diagram fungsional. Masing-masing diagram dihubungkan dengan salah satu fungsi sistem. Diagram ringkasan menggambarkan fungsi dan referensi utama dari sistem. Fungsi dan referensi ini diperlukan program untuk memperluas fungsi sampai uraian yang terkecil. Diagram ini berisi input, proses dan output dari fungsi khusus. Input pada diagram ini berisis item-item data yang dipakai oleh proses, sedangkan proses merupakan urutan langkah-langkah yang menelaskan fungsi yang sedang dijalankan untuk menghasilkan suatu output. Output berisikan item-item data yang dihasilkan dan diubah oleh proses.
3. Diagram Rinci/ Detail Diagram yaitu suatu seri diagram fungsional dan masing-masing diagram dihubungkan dengan sebuah sub-fungsi sistem. Diagram rinci merupakan diagram yang paling rendah dalam diagram yang terdapat dalam paket HIPO. Diagram rinci berisi unsur-unsur paket dasar. Fungsi dari diagram ini adalah menjelaskan fungsi-fungsi khusus, menunjukan item-item output dan input yang khusus dan menunjukan diagram rinci lainnya.
DATA FLOW DIAGRAM
Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.
Data Flow Diagram dibagi menjadi 2, yaitu :
1. DFD Fisik Adalah representasi grafik dari sebuah sistem yang menunjukan entitas-entitas internal dan eksternal dari sistem tersebut, dan aliran-aliran data ke dalam dan keluar dari entitas-entitas tersebut. Entitas-entitas internal adalah personel, tempat (sebuah bagian), atau mesin (misalnya, sebuah komputer) dalam sistem tersebut yang mentransformasikan data. Maka DFD fisik tidak menunjukkan apa yang dilakukan, tetapi menunjukkan dimana, bagaimana, dan oleh siapa proses-proses dalam sebuah sistem dilakukan. (Tidak Bahas). Perlu diperhatikan didalam memberikan keterangan di lingkaran-lingkaran (simbol proses) dan aliran-aliran data (simbol aliran data) dalam DFD fisik menggunakan label/keterangan dari kata benda untuk menunjukan bagaimana sistem mentransmisikan data antara lingkaran-lingkaran tersebut.
2. DFD Logis Adalah representasi grafik dari sebuah sistem yang menunjukkan proses-proses dalam sistem tersebut dan aliran-aliran data ke dalam dan ke luar dari proses-proses tersebut. Kita menggunakan DFD logis untuk membuat dokumentasi sebuah sistem informasi karena DFD logis dapat mewakili logika tersebut, yaitu apa yang dilakukan oleh sistem tersebut, tanpa perlu menspesifikasi dimana, bagaimana, dan oleh siapa proses-proses dalam sistem tersebut dilakukan. Keuntungan dari DFD logis dibandingkan dengan DFD fisik adalah dapat memusatkan perhatian pada fungsi-fungsi yang dilakukan sistem.
STRUKTUR ANALYSIS AND DESIGN TECHNIQUE (SADT)
SADT merupakan metodologi pengembangan sistem terstruktur yg dikembangkan oleh D.T. Ross selama tahun 1969 sampai dengan tahun 1973. SADT kemudian didukung dan dikembangkan oleh SofTech Corporation sejak tahun 1974 SADT memandang suatu sistem terdiri dari 2 hal sbb :
o Benda (obyek, dokumen atau data )
o Kejadian (kegiatan yang dilakukan oleh orang, mesin atau perangkat lunak ) Dua Tipe Diagram yg digunakan didalam paket SADT :
o Diagram kegiatan (activity diagram) yang disebut dengan actigrams
o Diagram data (data diagram) yang disebut dengan datagrams SADT sebagai metodologi pengembangan sistem terstruktur juga menganut konsep DEKOMPOSISI (menggambarkan sistem secara utuh terlebih dahulu (whole sistem) sebagai tingkat tertinggi (top level) dan memecah menjadi yg lebih rinci.
KEBAIKAN SADT
1. SADT mudah dipelajari
2. Merupakan alat yg baik untuk digunakan sebagai komunikasi antara analis sistem dengan pemakai sistem selama proses pengembangan sistem.
3. Hasil daro desain sistem akan didapatkan dokumentasi yg baik
4. Dengan spesifikasi desain yg sama kebanyakan perancang sistem akan menghasilkan solusi yang hampir mirip
KETERBATASAN SADT
1. Membutuhkan waktu & personil yang lebih banyak untuk membuatnya
2. Metodologi ini hanya bagus untuk tahap analisis dan desain secara umum
3. Proses didalam modul tidak digambarkan di SADT
4. Aplikasi dari metodologi ini tidak membutuhkan tingkat keahlian yg tertentu & pengalaman dari analis sistem .
WARNIER/ORR
Bentuk utama dalam Diagram WarnierlDiagram Orr di ket:Ilbangkanoleh J.D. Warnier pada akhir tabun 6O-andan awal tabun 70-an di Paris. Diagram ini diperkenalkan untuk menampilkan struktur hirarki set data output dan jnput dari suatu program. Kemudian K. Orr dari Topeka, Kansas, mengembangkan sebagian dari konsep Warnier sehingga menjadi'desain analisis sistem informasi maupun desain database.
Oleh karena itu diagram inidinamak~iDsebagaiDiagram Orr/Wanier (Diagram W/O). Diagram itu digunakan untuk menampilkan struktur data maupun proses. Alat utama dalam Diagram W/O adalah tanda kurung kurawal "{" yang juga disebut sebagai 'universal'.
Tanda ini menunjukkan dekomposisi (penyusunan kembali) sistem yang dibicarakan. Item yang tidak mengalami dekomposisi lagi disebut elemen. Jika DiagramW/0 menggambarkan struktur data, maka elemennya adalah data, namunjika diagram ini menggambarkan proses sistem,maka elemennya adalah operasi. J Warnier / Orr diagram adalah diagram gaya yang sangat berguna untuk menjelaskan proses kompleks (misalnya program-program komputer, proses bisnis, petunjuk) dan objek Prinsip kunci dari metodologi W/O adalah desain dari struktur program yg tertulis dilengkapi dengan struktur datanya.
Diagram W/O dapat menggambarkan struktur data yg berbentuk :
1. Struktur Data Urut
2. Struktur Data Repetisi
3. Struktur Data Seleksian bagan berjenjang yg diputar.
JSD (JACKSON’S SYSTEMS DEVELOPMENT)
JSD (Jackson Structured Design) diagram telah digunakan untuk berbagai aspek dari analisis tugas dan notasi dialog. Seperti halnya flow chart, JSD memiliki kelebihan dalam hal model ini telah dikenal luas oleh para programer.
Pendekatan JSD dimulai dengan membangun suatu model dari dunia nyata (real world) yg menyediakan subyek-subyek permasalahan dari sistem Fungsi dari sistem kemudian ditambahkan ke dalam model dunia nyata ini. Dunia nyata dijelaskan dalam bentuk kejadian-kejadian yg terjadi dalam suatu urutan waktu tertentu. JSD lebih tepat digunakan untuk sistem yang sifatnya dinamik, yaitu dimensi waktu merupakan faktor penting dibanding sistem yg statis.
Dunia nyata di JSD dapat berupa kesatuan (entitas) dan tindakannya (action) JSD mempunyai enam prosedur utama untuk mengembangkan sistem, yaitu sbb :
1. Langkah tindakan kesatuan (entity action step)
2. Langkah struktur kesatuan (entity structure step)
3. Langkah model awal (initial model step)
4. Langkah fungsi (function step)
5. langkah pengaturan waktu sistem (system timing step)
6. Langkah implementsi (implementation step).
Kamis, 12 April 2012
tata cara pembukaan tabungan beserta transaksinya
Tabungan merupakan simpanan masyarakat yang penarikannya dapat dilakukan oleh si penabung sewaktu-waktu pada saat dikehendaki dan menurut syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan oleh bank penyelenggara. Tetapi penarikannya tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu (Menurut UU no. 10 th 1998).
Syarat-syarat yang dimaksud antara lain ialah:
Penarikan hanya dapat dilakukan dengan mendatangi kantor bank atau alat yang disediakan untuk keperluan tersebut dan tidak dapat dilakukan dengan menggunakan cek, bilyet giro dan surat perintah pembayaran lainnya yang sejenis.
Penarikan tidak boleh melebihi jumlah tertentu sehingga menyebabkan saldo tabungan lebih kecil dari saldo minimum, kecuali penabung tidak akan melanjutkan tabungannya.
Selanjutnya ketentuan-ketentuan lainnya yang berlaku bagi bank-bank di dalam negeri antara lain adalah :
Tabungan yang dijamin oleh Bank Indonesia pada saat sekarang terbatas pada tabungan jenis Tabanas dan Taska.
Dalam brosur mengenai penyelenggaraan tabungan yang dikeluarkan oleh masing-masing bank, disarankan untuk dicantumkannya secara jelas ketentuan-ketentuan tentang masing-masing tabungan yang diselenggarakannya, termasuk Tabanas dan Taska.
Tabungan yang dimiliki oleh bank-bank dewasa kini berbeda dengan Tabungan Pembangunan Nasional (Tabanas) beberapa tahun yang lampau. Produk tabungan yang sekarang dijual oleh bank-bank memiliki suku bunga yang relatif cukup tinggi sebagai cerminan dari adanya persaingan ketat dalam mengumpulkan dana masyarakat.
Tabungan merupakan hutang bank kepada masyarakat, dalam hal ini pemilik tabungan dan dikelompokkan kedalam hutang jangka pendek dalam neraca.
Tidak adanya batasan jangka waktu tabungan dan penarikan yang dapat dilakukan sewaktu-waktu menyebabkan tabungan harus digolongkan ke dalam hutang jangka pendek.
Setiap bank memiliki jenis tabungan yang berbeda-beda. Perhitungan suku bunga, pemberian hadiah, tata cara penyetoran dan penarikannya juga berbeda bagi setiap bank. Produk tabungan ini dapat dijadikan alat promosi bagi yang menawarkannya. Promosi dapat disalurkan dalam bentuk suku bunga, hadiah yang menarik, kemudahan fasilitas dan lain sebagainya.
Transaksi tabungan meliputi :
1. pembukaan rekening dan penyetoran,
2. penarikan,
3. pemindah bukuan,
4. tata cara perhitungan dan pembukuan bunga tabungan dan
5. penutupan rekening tabungan.
Umumnya bank akan memberikan buku tabungan yang berisi informasi seluruh transaksi yang dilakukan dan kartu ATM lengkap dengan nomor pribadi (PIN).
Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menabung pada bank penyelenggara tabungan, antara lain :
Beberapa keuntungan menabung pada bank adalah sebagai berikut :
Syarat-syarat yang dimaksud antara lain ialah:
Penarikan hanya dapat dilakukan dengan mendatangi kantor bank atau alat yang disediakan untuk keperluan tersebut dan tidak dapat dilakukan dengan menggunakan cek, bilyet giro dan surat perintah pembayaran lainnya yang sejenis.
Penarikan tidak boleh melebihi jumlah tertentu sehingga menyebabkan saldo tabungan lebih kecil dari saldo minimum, kecuali penabung tidak akan melanjutkan tabungannya.
Selanjutnya ketentuan-ketentuan lainnya yang berlaku bagi bank-bank di dalam negeri antara lain adalah :
Tabungan yang dijamin oleh Bank Indonesia pada saat sekarang terbatas pada tabungan jenis Tabanas dan Taska.
Dalam brosur mengenai penyelenggaraan tabungan yang dikeluarkan oleh masing-masing bank, disarankan untuk dicantumkannya secara jelas ketentuan-ketentuan tentang masing-masing tabungan yang diselenggarakannya, termasuk Tabanas dan Taska.
Tabungan yang dimiliki oleh bank-bank dewasa kini berbeda dengan Tabungan Pembangunan Nasional (Tabanas) beberapa tahun yang lampau. Produk tabungan yang sekarang dijual oleh bank-bank memiliki suku bunga yang relatif cukup tinggi sebagai cerminan dari adanya persaingan ketat dalam mengumpulkan dana masyarakat.
Tabungan merupakan hutang bank kepada masyarakat, dalam hal ini pemilik tabungan dan dikelompokkan kedalam hutang jangka pendek dalam neraca.
Tidak adanya batasan jangka waktu tabungan dan penarikan yang dapat dilakukan sewaktu-waktu menyebabkan tabungan harus digolongkan ke dalam hutang jangka pendek.
Setiap bank memiliki jenis tabungan yang berbeda-beda. Perhitungan suku bunga, pemberian hadiah, tata cara penyetoran dan penarikannya juga berbeda bagi setiap bank. Produk tabungan ini dapat dijadikan alat promosi bagi yang menawarkannya. Promosi dapat disalurkan dalam bentuk suku bunga, hadiah yang menarik, kemudahan fasilitas dan lain sebagainya.
Transaksi tabungan meliputi :
1. pembukaan rekening dan penyetoran,
2. penarikan,
3. pemindah bukuan,
4. tata cara perhitungan dan pembukuan bunga tabungan dan
5. penutupan rekening tabungan.
Umumnya bank akan memberikan buku tabungan yang berisi informasi seluruh transaksi yang dilakukan dan kartu ATM lengkap dengan nomor pribadi (PIN).
Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menabung pada bank penyelenggara tabungan, antara lain :
- Melakukan setoran awal untuk pembukaan rekening dalam jumlah minimal yang ditentukan bank.
- Melengkapi formulir pembukaan tabungan disertai dengan dokumen yang diperlukan.
- Membayar biaya administrasi yang telah ditetapkan oleh bank.
Beberapa keuntungan menabung pada bank adalah sebagai berikut :
- Aman. Uang disimpan dengan aman di bank,tidak mudah di curi maupun tercecer.
- Terjamin. Tabungan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan ketentuan yang ada.
- Berkembang. Bank akan memberikan bunga yang dihitung berdasarkan saldo tabungan.
- Praktis. Terdapat kemudahan layanan perbankan elektronik 24 jam per hari antara lain ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, Phone Banking dan Call Center.
- Hemat. Kalau terbiasa menabung, Anda dapat menyisihkan uang dan terhindar dari kebiasaan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.
Langganan:
Postingan (Atom)